Thursday, June 15, 2017

Efek Samping dari Penggunaan Kawat Gigi

Efek Samping dari Penggunaan Kawat Gigi | Berbicara mengenai fashion. Pada zaman sekarang hal tersebut sudah banyak kemajuan di bidang tersebut. Dari mulai penggunaan lensa kontak sampai penggunaan kawat gigi atau behel.


Kawat gigi awalnya digunakan hanya untuk merapikan gigi serta meratakan gigi yang tidak beraturan saja. Namun, hal itu sekarang sudah berubah. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDIGI) beliau menjelaskan bahwa penggunaan kawat gigi ternyata memiliki efek samping yang akan terjadi. Efek samping ini akan terjadi jika pemasangannya dilakukan oleh orang yang tidak berkompeten di bidangnya. Berikut adalah efek samping akibat pemasangan kawat gigi yang harus anda waspadai.
  • Alergi
Kenapa penggunaan kawat gigi bisa menimbulkan alergi? Bahan logam yang terdapat dalam penggunaan behel mengandung logam seperti tembaga dan nikel. Dimana diperkirakan 30% pasien ortodontik memiliki alergi terhadap logam yang nantinya dapat menimbulkan rasa sakit meskipun pasien tersebut awalnya tidak memiliki alergi sama sekali.
  • Terdapat karang gigi
Dari namanya saja sudah jijik. Karang gigi akan terbentuk pada saat seseorang yang memakai behel mengkonsumsi makanan tertentu dan sisa-sisa makanan akan menempel pada area disekitar kurung logam dan kawat yang sulit untuk dibersihkan.
  • Mengalami gangguan pencernaan
Hal ini dikarenakan penggunaan kualitas logam behel yang rendah atau terbuat dari material yang berbahaya. Jika material berbahaya tersebut telah masuk ke dalam sistem pencernaan kita, maka kita akan mengalami gangguan sistem pencernaan.
  • Terkena penyakit PMS (penyakit menular seksual)
Hal ini dapat terjadi karena kawat logam yang terpasang pada gigi anda mengalami benturan yang akan menimbulkan luka kecil pada bibir serta bagian dalam pada pipi. Pada saat luka sudah terjadi di mulut anda, sewaktu anda mengunyah atau melakukan aktivitas yang melibatkan mulut penyakit HIV dan hepatitis akan masuk melalui luka tersebut.
  • Jadi tempat bersarang kuman dan bakteri
Apabila penggunaan behel yang terlalu lama, serta anda tidak menjaga kebersihan mulut anda dengan baik dan teliti maka kemungkinan besar akan menimbulkan kerusakan pada gigi anda.

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan. Semoga hal ini menjadi ilmu dan anda juga dapat berantisipasi dalam penggunaan kawat gigi. Terima kasih atas kunjungan anda dan Salam Sehat!

No comments:

Post a Comment